Bisnis
ada beberapa macam jenisnya. Salah duanya adalah B2C dan B2B. Saya
hanya akan menunjukan perbedaan antara B2C dan B2B disini Dari
kedua macam bisnis ini sendiri, sudah banyak sekali perbedaannya, mulai
dari segmen customer, strategi marketing, modal, dan bagaimana rencana
bisnis kedepannya.
Apa itu B2C?
B2C
atau Business to Customer adalah bisnis yang melakukan transaksi
penjualan barang/jasa kepada konsumen perorangan secara langsung.
Sebagai contoh, Anda memiliki bisnis sembako, Anda memiliki toko dan
secara langsung menjual sembako Anda kepada konsumen yang datang.
Apa itu B2B?
B2B
atau Business to Business adalah transaksi yang terjadi diantara
entitas bisnis satu ke entitas bisnis lainnya - bukan kepada customer
secara langsung. Contoh, Anda memiliki perusahaan pembuatan kursi baso.
Anda menjual kursi baso produksi Anda ke perusahaan lain, dan sekali
jual bisa minimum ribuan pcs - itulah bisnis B2B. Disini, Anda tidak
lagi menjual kepada end user (perorangan), melainkan ke perusahaan lain
(corporate).
Perbedaan strategi marketing B2C dan B2B
Bisnis
B2C lebih mementingkan kepuasan pelanggan - disini kita harus lebih
pandai memainkan emosi pelanggan, membuat iklan yang menarik, harga
barang bersaing dan kualitas produk yang bagus. Jadi di sini, kita harus
pandai melihat saingan, berusaha bersaing dalam bidang harga dan
kualitas produk - sambil memberikan iklan-iklan yang menarik untuk
pelanggan.
Dalam
bisnis B2B, pelanggan Anda adalah bisnis lain (corporate) - yang mana
mereka akan membandingkan seberapa kuat brand Anda dibandingkan dengan
brand lain, apakah brand Anda dapat dipercaya, bagaimana Anda menjalin
komunikasi dengan mereka - itu yang harus diperhatikan.
Karena
segmen pelanggan B2B lebih terfokus, maka Anda dapat juga melakukan
strategi yang lebih terfokus! Salah satu contoh adalah jika Anda adalah
perusahaan Indonesia yang ingin mendapatkan pelanggan corporate lain
sampai ke luar negeri - Anda hanya perlu melakukan promosi pada media
yang tepat! Disini, saya ingin berikan contoh salah satu media promosi
online yang terpercaya: Indonesia-Product.com!
Banyak keuntungan berpromosi disini:
1. biaya yang masih murah dan terjangkau! mulai dari Rp 2juta untuk 1 tahun periode promosi!
2. Jangkauan area promosi luas hingga ke seluruh dunia
3. Terpercaya sejak tahun 1998, I-P.com memiliki pelanggan setia yang sudah bergabung selama bertahun-tahun
Tunggu apa lagi! Hubungi team Sales Consultant kami ke sales@mahoni.com untuk informasi lebih lanjut.
No comments:
Post a Comment